Close-up of female patient having her teeth examined by specialist. [url=http://www.istockphoto.com/search/lightbox/9786662][img]http://dl.dropbox.com/u/40117171/medicine.jpg[/img][/url]

Jakarta, Aktual.com — Gigi sensitif sering kali membuat Anda tidak nyaman di saat beraktivitas. Ditambah lagi, Anda menjadi sangat sulit menikmati makanan favorit seperti, es krim (ice cream), cake, steak dan lainnya

Masalah dengan gigi sensitif, yang awalnya kenikmatan seperti makan makanan yang enak, bisa berubah menjadi aktivitas yang menyakitkan.

Saat makanan tertentu masuk ke dalam gigi Anda, Anda mungkin mulai berteriak dengan rasa nyeri atau sakit. Apa alasannya?. Pasalnya, ketika enamel yang merupakan lapisan pelindung, akan rusak karena berbagai penyebab.

Selanjutnya, gigi Anda cenderung menjadi sensitif. Juga, penumpukan plak dan menyikat gigi dengan kasar juga bisa menjadi penyebab lainnya.

Dokter gigi merekomendasikan menyikat gigi minimal dua kali sehari untuk menghindari penumpukan plak. Demikian laman Boldsky melaporkan, berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah sensitivitas, di antaranya:

Pertama, makanan asam tertentu yang menyerang enamel gigi Anda. Hindari makanan tersebut. Acar, jus buah, anggur merah dan makanan asam lainnya dapat menyebabkan rasa sakit.

Kedua, ‘gigi grinding’ untuk menguyah makanan menjadi salah satu resiko yang bisa merusak enamel gigi. Jika Anda memiliki kebiasaan itu dalam tidur Anda, kunjungi dokter gigi dalam menjaga kesehatan gigi.

Ketiga, mulai menggunakan pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif. Meskipun masalah Anda mungkin tidak dapat diselesaikan secara langsung, namun bertahap, Anda dapat mendapatkan pertolongan lainnya.

Keempat, Hindari kafein, alkohol, merokok dan kebiasaan lain yang merusak kesehatan mulut Anda.

Kelima, yang perlu Anda lakukan, pertama, sikat gigi Anda minimal dua menit sekali. Kedua, menggunakan sikat gigi yang lembut. Dan ketiga, sikat secara perlahan.

Keenam, jika Anda memiliki ‘masalah gusi’ karena berbagai penyebab, hubungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Ketujuh, kunjungi dokter gigi dan jelaskan masalah Anda. Ada perawatan tertentu yang mungkin bekerja untuk beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Tergantung pada masalah kesehatan gigi Anda.

Artikel ini ditulis oleh: