Jakarta, Aktual.com — Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Oesman Sapta Odang (OSO) menyampaikan rasa kagumnya terhadap peranan kaum wanita di Indonesia baik dimasa perjuangan maupun sekarang ini.

Hal itu disampaikan OSO dalam acara silaturahmi kebangsaan dengan Pimpinan Pusat Ikatan Da’I Indonesia (PP IKADI) di Gedung Nusantara V MPR RI, Komplek Senayan, Kamis (21/4).

“Hari ini tanggal berapa ya? 21 April ya? Selamat hari Kartini bagi ibu-ibu yang ada disini, bapak-bapaknya ngga usah. Kalau dikumpulin wanita seluruh Indonesia sangat banyak, hampir 80 persen jumlahnya dari jumlah penduduk laki-laki,” ucap OSO yang disambut tepuk tangan dan tawa para peserta acara.

Ia mengatakan bahwa betapa indah Islam dalam perjalannya, terlebih ketika Islam itu menyanjung sosok seorang ibu. OSO sedikit mengulas bahwa ketika Rasullah SAW ditanya oleh seseorang kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Rasullah SAW menjawab sebanyak tiga kali adalah ibumu, lalu baru ayahmu.

“Islam itu indah. ibu itu sangat luar biasa,” sebut OSO, mengenang perjuangan sang ibu saat harus berjuang sendiri membesarkannya.

“Karena waktu saya umur 8 tahun ayah saya meninggal, tinggal ibu saya yang membesarkan dan membiayai saya sekolah, namun di umur 14 tahun ibu tidak bisa membiayai kembali sekolah hingga akhirnya saya sempat berjualan rokok dan menjadi buruh di pelabuhan,” kenangnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) juga mengucapkan selama hari Kartini bagi para perempuan di Indonesia.

“Indonesia kita mempunyai sangat banyak mutumanikam yang tak habis-habis dan tak lepas dari identitas kesilaman mereka, selamat bagi perempuan Indonesia,” ucap HNW.

“Bangsa Indonesia tidak hanya mempunyai founding fathers tapi juga founding mathers, bagaimana bisa ada anak bangsa bila hanya ada bapak bangsa,” sebut politikus PKS itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang