Jakarta, Aktual.com —Penyediaan energi listrik nasional masih menemukan banyak kendala, selain terjadi kesenjangan dan ketidakmerataan namun juga listrik di berbagai daerah acapkali terjadi pemadaman.

Walaupun demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerukan kepada masyarakat untuk berhemat 10 persen. Menteri ESDM Sudirman Said menyampaikan gerakan ini akan mulai diresmikan pada tanggal 15 bulan depan di acara Car Free Day Jakarta.

“Pada 15 Mei akan launching gerakan potong 10 persen pada acara Car Free Day,” kata Sudirman dalam konferensi pers di kantornya jl Medan Merdeka Jakarta Pusat, Rabu (27/4).

Adapun metode sosialisasi dan penerapan program ini akan dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya kampanye langsung pada pusat-pusat keramaian publik.

Selanjutnya melaui viral sosial yakni bekerjasama denga berbagai lembaga media sosial, PLN, dan Pertamina, sarana transportasi dan lainnya.

“Kita bisa pasang stiker- stiker seruan, di berbagai tempat, nanti kita juga akan memberiakan insentif 2 lampu LED untuk 100.000 rumah bagi yang telah berhasil melakukan penghematan,” pungkas Sudirman.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Dadangsah Dapunta
Editor: Eka