Jakarta, Aktual.com — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, siap mengucurkan uang tunai atau ‘cash money’ hingga Rp5 triliun di akhir pekan ini.

Pasalnya, permintaan uang tunai saat libur panjang di akhir pekan ini akan meningkat, terutama di kota-kota besar dan daerah tujuan wisata.

“Bank BRI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp5 triliun, yang digunakan untuk mengisi kas UKO (Unit Kerja Operasional) dan mesin ATM selama hari libur tersebut,” kata Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso, seperti keterangan pers yang diterima, Rabu (4/5).

Menurut Hari, alokasi dana lebih banyak difokuskan untuk mengisi ATM yang memiliki porsi 78 persen, sedangkan 22 persen lainnya untuk kebutuhan dana di UKO.

“Uang tunai tersebut didistribusikan ke 462 outlet dan lebih dari 21 ribu ATM BRI di seluruh Indonesia, selama periode 5-8 Mei 2016,” ujar dia.

Dari total uang tunai yang disiapkan untuk antisipasi kebutuhan masyarakat pada libur ‘long weekend’, uang tunai yang disiapkan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai Rp1 triliun, dimana 79,76%-nya digunakan untuk mengisi ATM.

Selain itu, BRI juga memastikan sebanyak 230 UKO BRI di seluruh Indonesia akan tetap melayani masyarakat untuk keperluan penerimaan pembayaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina pada Jumat, 6 Mei 2016.

Sedangkan 140 UKO akan beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu (7 dan 8 Mei 2016). Ke-140 UKO yang tetap beroperasi di akhir pekan tersebut dapat melayani transaksi setoran/penarikan tunai rekening BRI, pembukaan rekening, dan pemindahbukuan antar BRI, serta layanan operasional terbatas lainnya.

Terkait dengan aksi kriminalitas yang mungkin terjadi selama libur panjang, Bank BRI mengimbau kepada nasabahnya agar senantiasa berhati-hati dalam mengambil, membawa serta membelanjakan uangnya.

“Tak perlu membawa uang tunai banyak-banyak. Ambil dan belanjakan uang tunai secukupnya saja,” saran Hari.

Apabila memiliki keperluan terkait transaksi perbankan, kata dia, gunakan fasilitas e-banking Bank BRI, baik itu dalam bentuk Mobile banking BRI, internet banking BRI maupun fasilitas e-banking BRI lainnya.

“Dan jangan lupa juga untuk menjaga kerahasiaan PIN ATM untuk selalu mengubah PIN secara berkala. Bila terjadi permasalahan segera hubungi call center BRI di 14017,” tutup dia.

Seperti diketahui, Kamis-Jumat (5-6/5) merupakan libur nasional bertepatan dengan hari keagamaan nasional. Digabungkan dengan Sabtu-Minggu (7-8/5) maka libur akhir pekan ini selama 4 hari (libur panjang).

Artikel ini ditulis oleh: