Jepang, Aktual.com – Barack Obama telah tiba di Hiroshima untuk menjadi presiden Amerika Serikat yang pertama mengunjungi kota Jepang sejak pemboman nuklir 1945.

Obama terbang ke pangkalan Iwakuni, setelah meninggalkan KTT G7.

Dalam kunjungannya, Obama mengatakan seperti dilansir dari situs berita WWW.BBC.NEWS, ini adalah “bukti bagaimana bahkan yang paling menyakitkan dari perpecahan dapat dijembatani”. Namun Obama juga mengatakan ia tidak akan meminta maaf atas serangan itu.

Setidaknya 140.000 orang tewas di Hiroshima pada 6 Agustus 1945, serangan bom nuklir pertama di dunia dan dua hari kemudian bom nuklir kedua dijatuhkan di Nagasaki, yang menewaskan 74.000 orang.

Obama juga memasuki Memorial Museum Hiroshima Peace dan kemudian berjalan ke Peace Memorial Park, didampingi Perdana Menteri Shinzo Abe. Kedua pria berdiri di depan api abadi.

Obama meletakkan karangan bunga yang pertama, diikuti oleh Abe. Obama juga sebelumnya mengatakan kepada tenaga pelayanan Pasukan Angkatan Laut Iwakuni Marine, beberapa 40km (25 mil) dari Hiroshima, “Ini adalah kesempatan untuk menghormati memori dari semua yang hilang selama Perang Dunia Kedua”.

“Ini kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen kami untuk mengejar perdamaian dan keamanan dunia di mana senjata nuklir tidak akan lagi diperlukan.”

Obama memuji aliansi AS-Jepang sebagai salah satu yang terkuat di dunia, dengan kunjungannya itu menunjukkan bagaimana dua negara, mantan musuh, tidak bisa hanya menjadi mitra, tapi menjadi yang teman terbaik.

Artikel ini ditulis oleh: