Surabaya, Aktual.com – Penangkapan Ketua Kadin Jawa Timur La Nyalla Mattaliti kembali memantik reaksi ormas Pemuda Pancasila (PP). Dimana di ormas berseragam loreng oranye itu La Nyala menjabat sebagai Ketua DPW Jatim.

Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Surabaya, Andi Baso, mengatakan hari ini ribuan anggotanya se-Jatim bakal gelar aksi besar-besaran. Sebagai bentuk protes penangkapan La Nyalla oleh kejaksaan yang dinilai tidak sesuai prosedur.

Massa akan berkumpul lebih dulu di kantor PP Jatim di belakang rumah dinas Kajati Jatim, Marulli Hutagalung. Setelah itu mereka bakal menggeruduk Kantor Kejaksaan Tinggi Jatim, di Jalan Ahmad Yani.

“Bapak La Nyalla itu simbol kami. Ketika ditangkap tidak prosedur, itu sama halnya melecehkan kami. Hari ini kami semua akan menuju kantor kejati. Sebagian anggota PP dari daerah sudah datang sejak dini hari tadi,” ujar Andi, di Surabaya, Rabu (1/6).

Selain menuntut pembebasan La Nyalla, aksi juga menuntut Marulli dicopot dari jabatannya.

Dihubungi terpisah, Maruli mengklaim penangkapan La Nyalla sudah sesuai prosedur. Dijebloskannya La Nyalla ke Rutan Salemba, dalih dia, hanya upaya keamanan saja. Penahanan akan dilakukan selama 20 hari. Sedangkan perkaranya, masih tetap ditangani Kejati Jatim.

“Pemeriksaan tetap jalan. Kalau sudah tahap dua, baru akan kita bawa sini. Tapi itu jadwalnya kapan belum bisa pasti, karena menunggu perkembangan pemeriksaan di Kejaksaan Agung,” ujar Marulli.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Ahmad H. Budiawan