KPK Janji Umumkan Hasil Penyelidikan Kasus Sumber Waras. (ilustrasi/aktual.com)
KPK Janji Umumkan Hasil Penyelidikan Kasus Sumber Waras. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – KPK mengklaim sudah minta audit forensik kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait kasus Sumber Waras.

“Penyelidikan forensik kami sudah meminta (audit) PPATK,” ujar Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/6) kemarin.

Meski sudah disampaikan koleganya, namun Ketua KPK Agus Rahardjo yang juga hadir di acara yang sama, enggan beberkan hasil audit PPATK.”Tidak bisa diceritakan di sini (DPR) dong,” kilah alumni ITS itu.

Kembali ke Laode, yang malah menambahkan kalau hasil audit forensik belum cukup untuk meningkatkan status kasus Sumber Waras di KPK dari penyelidikan ke penyidikan.

Sebab untuk meningkatkan status, ucap dia, bukan hanya andalkan audit forensik. Tapi juga lewat keterangan saksi-saksi, dan audit BPK.

Seperti diketahui dan ramai diberitakan sebelumnya, semua upaya itu juga sudah dilakukan KPK. Hasilnya? KPK dengan bangga menyampaikan belum menemukan ada indikasi tindak pidana korupsi di Sumber Waras.

Komisioner KPK Berputar-putar ‘Dongeng’ Audit BPK Permintaan Pimpinan Lama

baca: Pejabat Daerah Lain ‘Dikorupsikan’ Ahok Dibenarkan, Kok KPK Bisa Begitu?

baca: Kegagalan di Sumber Waras Titik Evaluasi Bagi KPK

baca: Di Kasus Sumber Waras, KPK Lebih Pantas Jadi Pengacara Ketimbang Penegak Hukum

reporter: Fatah Sidik

Artikel ini ditulis oleh: