Kendaraan pemudik melintas di jalur pantura, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/6) malam. Pada H-6 Lebaran jalur pantura ramai lancar, dan diprediksi puncak arus mudik pada H-3 dan H-4 Lebaran. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww/16.

Semarang, Aktual.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan 183 bus gratis bagi para pemudik di Jakarta yang menuju ke wilayah Jateng saat lebaran 2016 nanti. Bus-bus tersebut akan diberangkatkan dari Anjungan Jateng di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 30 Juni 2016.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan bus-bus bagi pemudik disediakan gratis dari berbagai instansi, dan perusahaan asal Jateng.

Selain itu, pemudik gratis dilayani dengan tiga rangkaian kereta api atau total 1.936 seat, dan diberangkatkan dari Stasiun Senen Jakarta pada 2 Juli 2016.

“Jumlah keseluruhan penumpang bus dan kereta api sebanyak 11.483 orang,” kata dia Kamis (30/6).

Terdiri dari 47 bus berasal Pemrov Jateng, 55 bus dari BPD Jateng dan 81 bus dari pemerintah kabupaten/ kota se-Jateng.

Ganjar juga memaparkan, Kementerian Perhubungan telah menyediakan angkutan gratis bagi sepeda motor menggunakan truk dan kereta api. Angkutan gratis ini ditargetkan mengangkut 8.400 sepeda motor pada 1 Juli. Angkutan tersebut kemudian diberangkatkan dari Lapangan Parkir Gedung Bulog Divre I DKI Jakarta ke kota tujuan Semarang, Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogya, dan Solo. Sedangkan, kendaraan yang diangkut menggunakan kereta api ditargetkan sebanyak 7.308 sepeda motor, dengan tujuan hingga ke Jawa Timur (Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri).

“Melalui mudik gratis, diharapkan dapat membantu warga Jawa Tengah yang bekerja pada sektor informal di wilayah Jabodetabek dan masyarakat kurang mampu, untuk mendapatkan sarana transportasi secara pasti, murah, aman, dan nyaman,” tandasnya. (Muhammad Dasuki)

Artikel ini ditulis oleh:

Eka