Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI di Dapil, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (20/6). Sosialisasi dilakukan di hadapan para ustadzah yang datang dari berbagai wilayah di Jakarta. AKTUAL/HO

Jakarta, Aktual.com-Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berharap polisi dapat adil dalam mengusut kasus kerusuhan di Tanjungbalai, pada Jumat (29/7).

“Harus diusut mulai dari asap hingga apinya,” kata Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid di Jakarta, Senin (1/8).

Selain itu politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga meminta tokoh masyarakat setempat bisa ikut berperan dalam mengembalikan kondisi pasaca kerusuhan.

“Tugas orang tua, ulama, tokoh masyarakat, dan pemerintah/penegak hukum ditingkat lokal, penting ditingkatkan agar masalah semacam ini bisa dicegah,” tuturnya.

Seperti diketahui amuk massa terjadi di Tanjungbalai, Sumatera Utara bermula dari volume pengeras suara masjid yang dianggap salah seorang warga keturunan Tionghoa terlalu keras. Proses warga itu kemudian disebarluaskan melalui media sosial dengan informasi yang tidak benar dan provokatif.

Akibatnya kelompok massa yang terprovokasi melakukan pengrusakan terhadap sejumlah tempat ibadan dan rumah warga Tionghoa. Setidaknya sudah ada 9 tersangka dalam kasus ini yang ditetapkan oleh polisi setempat.

Artikel ini ditulis oleh: