Petugas memasang logo Badan Intelijen Negara (BIN) di Kantor BIN Jakarta, Jumat (15/1). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye/16

Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua komisi I DPR RI Hanafi Rais menyatakan pihaknya siap melaksanakan fit and proper test (uji kelayakan) calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Namun, ia mengatakan pihaknya masih menunggu surat permohonan yang dikirimkan Presiden Joko Widodo ke pimpinan DPR.

“Kami masih menunggu, kami pikir udah masuk suratnya dari pimpinan tapi belum sampai hari ini. Setahu saya belum ada pengajuan dari pemerintah. Kalau diajukan, kami akan terima notifikasi untuk fit and propert,” ujar Hanafi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Menyinggung kinerja kepala BIN Sutiyoso selama ini, sebagai mitra kerja Hanafi menilai pria yang akrab disapa Bang Yos itu terbilang berprestasi. Sehingga, cukup mengherankan pertimbangan apa yang ada dibenak presiden untuk mengganti pimpinan intelijen tersebut.

“Tapi kalau mau diganti mungkin presiden punya prioritas lain di bidang intelijen. Ini beda prioritas presiden. Namun, perlu diketahui karena belum resmi hanya isu,” ungkap Politikus PAN itu.

Meski demikian, kata Hanafi, semestinya presiden bisa menjelaskan alasan pergantian kepala BIN tersebut. Apalagi, ada isu yang menyebutkan posisi Sutiyoso akan digantikan Budi Gunawan.

 

*Nailin

Artikel ini ditulis oleh: