Jakarta, Aktual.co —Tahun 2013 tinggal menyisakan beberapa pekan lagi untuk segera berganti dengan tahun yang baru. Sebagai refleksi akhir tahun, International Conference Islamic Scholarsip(ICIS) menggelar Pekan Politik Kebangsaan dari tanggal 10 sampai 12 Desember 2013. Beberapa tokoh nasional di pastikan hadir dan menyampaikan gagasanya.
Megawati Soekarno Putri diberi kesempatan untuk menyampaikan pidatonya di hari pertama. Dalam pidatonya, putri proklamator itu menyoroti banyak hal tentang penyelenggara Negara. Megawati merasa kecewa dengan kredibilitas MK dan KPK, karena di masa kepemimpinan Megawati lah MK dan KPK dilahirkan. Tapi MK dan KPK yang seharusnya netral dan Independen, justru kelihatan serong ke penguasa.
Try Soetrisno juga mengusulkan agar MPR dikembalikan sebagai lembaga Negara tertinggi, bukan seperti sekarang ini yang kedudukanya sama dengan DPR. MPR seharus difungsikan sebagai lembaga yang mengakomodir semua kepentingan rakyat, karena di dalam MPR ada Utusan Golongan dan Utusan Daerah yang mengemban amanat rakyat.