Surabaya, Aktual.com – Pemeriksaan lanjutan Dahlan Iskan dalam kasus penjualan aset BUMD PT Panca Wira Usaha, yang dilakukan penyidik di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akhirnya dihentikan sementara atas permintaan kuasa hukumnya.

“Jadi setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, kondisi kesehatan klien kami itu tensinya naik 160. Atas pertimbangan itu, kami meminta untuk dihentikan,” kata kuasa hukum Dahlan Iskan, Peter Talaway, Senin (31/10).

Pemeriksaan ini, lanjut Pieter, memang belum tuntas, karena masih delapan pertanyaan yang dijawab kliennya kepada penyidik. Pertanyaan tersebut masih seputar tugas-tugas dan kewenangan dalam struktural di PT Panca Wira Usaha.

Selain menunggu kesehatan Dahlan, tim kuasa hukum juga sedang mengajukan proses penangguhan tahanan. Nantinya, kata Pieter, pihak keluarga akan menjadi penjamin. Sebenarnya, kata Pieter, ada banyak yang siap untuk dijadikan jaminan. Seperti dari pejabat, pengusaha termasuk dari kalangan ulama.

Alasan dilakukan penanggugan tahanan, adalah faktor kesehatan. Sebab, pasca menjalani oprasi transpalasi hati, kesehatan Dahlan Iskan harus benar-benar terjaga dan lingkungan harus steril. Bahkan, jika seandainyan kesehatan Dahlan terus memburuk, tidak menutup kemungkinan akan kembali berobat ke luar negeri.

Laporan: Ahmad H Budiawan

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Ahmad H. Budiawan
Editor: Wisnu