Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menemui Ketua Umum Golkar Setya Novanto di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (23/11/2016). Pertemuan tersebut membahas beberapa hal termasuk stabilitas ekonomi dan masalah politik. Silaturahminyang dijalin kedua partai ini juga dalam rangka menguatkan bersama dalam politik kebangsaan dengan situasi nasional yang sekarang berkembang yang diharapkan bisa bersama-sama menjalankan pesan damai dari tingkat pusat hingga daerah. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menegaskan, pergantian Ade Komaruddin sebagai ketua DPR dengan Setya Novanto untuk meningkatkan produktifitas antara legislatif dan eksekutif.

“Partai Golkar punya keyakinan besar dan optimis bahwa dengan Setya Novanto memimpin DPR ini, hubungan antara eksekutif dan legislatif lebih produktif,” ujar Idrus Marham di DPR, Rabu (23/11).

Dia juga mengaku DPP Golkar telah berkomunikasi dengan Dewan Pembina Partai di DPR terkait dengan pergantian ini. Hal ini penting mengingat fungsi dewan pembina sebagai pemberi saran dan pertimbangan pada partai.

“Hari ini DPP Partai Golkar akan menjelaskan latar belakang dan mempertegaskan instruksi untuk mengamankan dan memperjuangkan keputusan pada 21 November itu.”

Dia berharap dengan pergantian ini produktifitas DPR semakin baik sehingga fungsi DPR sebagai pengawas, legislatif dan budgeting juga lebih baik. Dia optimis semua fraksi di DPR akan mendukung iktikad baik partainya.

“Sebetulnya itu adalah politik posisi strategis, tentu pertimbangan dari sana. Memang komunikasi individual sudah dilakukan.”

Laporan: Musdianto

Artikel ini ditulis oleh:

Wisnu