Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan moratorium ujian nasional (UN) pada 2017. (ilustrasi/aktual.com)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengusulkan moratorium ujian nasional (UN) pada 2017. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib menyebut, hampir semua fraksi yang ada di komisi pendidikan sepakat dengan kebijakan yang diambil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengenai moratorium pelaksanaan ujian nasional.

Hal itu menanggapi hasil keputusan yang justru berbeda diambil dalam rapat kabinet di Istana Negara yang menolak kebijakan Menteri Muhadjir itu.

“Sebetulnya kita di Komisi X hampir semua fraksi kan setuju moratorium UN, itu memang tidak sesuai dengan UU Sisdiknas tentang penilaian bukan ditentukan dengab ujian negara saja, yang paling berhak menilai kan memang guru yang setiap hari mengajar,” kata Lathifah saat dihubungi di Jakarta, Kamis (8/12).

Meskipun, sambung politikus PKB itu, memang masih perlu adanya pengkajian yang lebih mendalam terlebih dahulu, sebelum kemudian ditetapkan sebagai kebijakan yang mutlak. “Tetapi kalau pemerintah meminta untuk mengkaji secara mendalam, memang benar, kan tidak bisa tiba-tiba.”

“Jadi menteri harus bisa memberikan alasannya, apa?, kenapa? punya gagasan moratorium UN, kita tunggu aja, mungkin pemerintah itu tidak setuju untuk tahun ini, tapi untuk tahun depan, kan sangat mendadak, persiapan di lapangan kan ‎hampir semuanya 100 persen kan,” kata dia.

Laporan: Novrizal Sikumbang

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang
Editor: Wisnu