Semarang, Aktual.com – Badan Pengawas Pemilu bakal memeriksa 23 aparat sipil negara (ASN) dari 6 wilayah Pilkada serentak di Jateng pada 15 Februari mendatang. Diduga, mereka menjadi tim sukses “bayang-bayang” salah satu jago calon Kepala Daerah.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo menyebutkan ASN yang terlibat dari wilayah Cilacap, Brebes, Banjarnegara, Batang, Jepara dan kabupaten Pati.

“Diduga mereka ikut bermaindalam pemenangan paslon kepala daerah. KIta bakal periksa secara marathon dalam waktu dekat ini,” ujar dia, di Semarang, Selasa (3/1).

Ia mengatakan, hasil pengawasan netralitas ASN ini dari laporan keterangan saksi dan data di lapangan. Beberapa keterlibatan ASN sebagian besar dari unsur perangkat desa, kepala desa, dan bahkan PNS di lingkungan sekertaris daerah.

Laporan di Kabupaten Batang, misalnya 8 perangkat desa di kecamatan Kandeman telah dilakukan klarifikasi. Lainnya di kabupaten Pati diduga keterlibatan Kabag Umum dan Kabag Humas.

Tak hanya itu, lanjut dia, Pelaksana tugas (Plt) Jepara dan pegawai Biro Bina Mental Provinsi Jateng pernah diklarifikasi pengawas.

Beberapa kabupaten lain antara lain, Brebes seorang Camat Bulakamba, Camat Jatibarang, Kasubag Hukum dan Organisasi dan Kepala Dinas Sosnakertran. “Mereka telah kita klarifikasi dan rekomendasi untuk dilakukan teguran oleh pembina kepegawaian Pemda setempa,” beber dia. (Muhammad Dasuki)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Andy Abdul Hamid