Harga cabai yang melambung tinggi menjadi keprihatinan Ketua DPR untuk melihat langsung harga cabai di pasar. Harga cabai merah di Pasar Induk Kramat Jati mencapai Rp100 ribu per kg. Sebelumnya pernah menyentuh Rp120 ribu per kg. Kenaikan ini disebabkan salah satunya faktor cuaca yang membuat banyak cabai rusak. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Harga cabai rawit merah di Jakarta mencapai Rp 100 ribu. Hal ini berdasarkan pantauan Aktual di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur pada Minggu (15/1) siang.

Salah seorang pedagang cabai, Tibi mengatakan bahwa harga cabai rawit kembali melonjak sejak beberapa hari lalu. Dia mengatakan harga cabai rawit merah yang dijualnya juga dapat lebih tinggi harganya pada malam hari.

“Naik dari tiga hari lalu, kalau malam malah bisa Rp 120 ribu,” ujar Tibi saat ditemui Aktual di Pasar Induk Kramat Jati.

Harga yang melonjak, disebut Tibi tergantung pada jumlah barang dan pembeli yang ada. Jumlah barang yang ada saat ini, menurut Tibi jauh berkurang karena faktor cuaca.

Hal ini yang membuat harga cabai rawit merah melonjak dalam tiga hari terakhir. “Cabai itu bagusnya tumbuh kalau panas terus. Kalau musim hujan kayak sekarang sedikit yang bagus, makanya harganya naik.”

Harga cabai lain di luar rawit merah sendiri cenderung stabil. Dari pantauan Aktual, harga cabai keriting merah berkisar pada Rp 35-40 ribu. Sedangkan harga cabai keriting hijau berkisar pada Rp 26-27 ribu.

Laporan: Teuku Wildan

Artikel ini ditulis oleh:

Teuku Wildan
Wisnu