Jakarta, Aktual.com – Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahrullah Akbar dianggap sebagai auditor senior yang patut menjadi teladan dan motivasi bagi para auditor-auditor muda di seluruh Indonesia.

Menurut pengamat hukum asal UMI Makasar, Abd Rachman Thaha, sosok Bahrullah merupakan sosok seorang akademisi yg mampu mengejawantahkan keilmuawannya sebagai auditor.

“Saya melihat sosok Pak Bahrullah ini sebagai auditor yang tak perlu diragukan lagi dari sisi ilmu pemerintahannya. Dan alhamdulillah, saya lihat dia itu selalu menempatkan diri pada posisi yang sangat sederhana,” papar Thaha di Makasar seperti dalam keterangan yang diterima, Senin (23/1).

Kesederhanaan itu dan keilmuan yang mumpuni, kata dia, yang menjadi panutan bagi audutor muda.

“Dia itu selalu memberikan motivasi kepada auditor-auditor muda. Itu yang menjadi teladan. Bahkan dari sisi keseharian, yang saya tahu, dalam ketaatan beribadah, alhamdulillah dia itu selalu taat waktu,” papar Thaha.

Sikap apresiasi dari Thaha ini terkait rencana Bharullah yang akan memberikan sambutan dalam serah terima Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Selatan dari Andi Lologau kepada Endang Tuti Kardiani di Auditorium BPK Sulsel itu.

Bersama Gubernur Sulses Syahrul Yasin Limpo, Bahrullah akan menjadi pembicara utama di acara itu. ada Oktober 2016 silam, Akbar kembali dipercaya sebagai anggota BPK periode 2016-2021.

Dalam karirnya, dia pernah menjabat Staf Khusus Setjen Kementerian Dalam Negeri (2003-2004), Staf Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri (2005-2007), Staf Ahli Kabupaten Lingga Kepulauan Riau (2007), Guru Besar IPDN Kemendagri (2014), serta anggota VII dan VI BPK.

Bahrullah juga pernah menjadi anggota VII yang membawahi bidang tugas pemeriksaan antara lain Kementerian BUMN. Dan saat ini sebagai Anggota VI membawahi SKK Migas, Kementerian Kesehatan, Badan POM, serta pemerintah provisi, kabupaten/kota, dan BUMD di wilayah II atau timur yang mencakup Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

(Busthomi)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Eka