Dirjen Migas ESDM , I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja

Jakarta, Aktual.com – Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengkalim telah berhasil menurunkan harga jual gas di Medan Sumatra Utara hingga di angka USD 9.95 per Mmbtu.

Pada harga awal kata Wirat, harga gas untuk konsumsi industri di kisaran USD13,38 per Mmbtu, namun dengan mewajibkan distribusi melalui pipa maka mampu efisien mencapai USD3.43 per Mmbtu.

“Dari LNG kita ganti sistem gas pipa,” kata Wirat di Kantornya kawasan Kuningan Jakarta, Rabu (1/3).

Wirat optimis penurunan harga ini masih bisa diteruskan seiring dengan persetujuan dari Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Pertamina EP untuk menyalurkan gas melalui pipa.

Ke depannya, tambah Wirat, seluruh suplai gas untuk industri harus menggunakan pipa. Namun untuk suplai gas kebutuhan pembangkit, masih diperbolehkan distribusi dalam bentuk LNG.

“Nanti untuk wilayah Medan, seluruh industri pakai gas pipa. LNG nya untuk pembangkit saja. Itu kita mulai berlaku sejak 1 Februari,” tandasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. Regulasi ini untuk menurunkan harga gas demi mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing industri nasional.

Laporan: Dadangsah Dapunta

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan