Jakarta, Aktual.com – Membuat rencana perjalanan atau itinerary adalah salah satu langkah untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan. Selain mencari tiket murah, rancangan tujuan selama liburan ikut menentukan berapa besar biaya yang kamu perlukan.

Besar dan kecilnya ongkos perjalanan bisa dilihat dari rencana yang kamu susun, dan dari itinerary inilah kamu bisa memangkas mana yang tidak perlu dan memilih lokasi lain sebagai pengganti yang lebih memungkinkan buat budget kamu.

Daftar Tujuan

Untuk merencanakan perjalanan dengan baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar tujuan. Sesuaikan dengan lama perjalanan kamu di tempat tujuan dan tidak perlu memaksa mengunjungi banyak tempat jika waktu tidak mencukupi.

Agar lebih mudah untuk menentukan tempat tujuan, buatlah lima daftar minimal. Berikan jeda waktu cukup bagi masing-masing lokasi tujuan dan pertimbangkan jarak antara tujuan satu dengan tujuan lainnya, agar perjalanan jadi lebih nyaman.

Akan lebih baik lagi jika daftar tujuannya sudah sangat detail menjelaskan rincian, dari lokasi hingga jarak dari penginapan. Serta jarak tujuan satu dengan tujuan lainnya. Hal itu memudahkan untuk menentukan rute selama liburan.

Selain itu, menentukan tujuan sejak awal juga penting untuk mengetahui apakah lokasi baru memerlukan visa tambahan atau tidak. Jika perlu, apakah harus diurus sejak di Indonesia ataukah hanya perlu visa on arrival.

Transportasi.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu