PRESIDEN TERIMA KUNJUNGAN BARACK OBAMA

Jakarta, Aktual.com – Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS), Barrack Obama memuji kehidupan Masyarakat Indonesia yang sangat harmonis. Obama menilai jika kemajemukan Masyarakat Indonesia sama sekali tidak membuat rasa toleransi Masyarakat Indonesia luntur.

Ucapan Obama sendiri secara tidak langsung memuji tingkat toleransi yang dimiliki oleh umat Islam di Indonesia. Pernyataan Pujian tersebut dikeluarkannya saat berpidato pada Kongres Diaspora Indonesia ke IV di Jakarta, Sabtu (1/7).

“Semangatnya toleransi. Ini terabadikan dalam konstitusinya. Saling menghargai dalam semangat harmoni,” tutur Obama.

Toleransi di Indonesia, terlihat dalam berbagai bangunan atau situs budaya yang sejatinya tidak merefleksikan agama Islam sebagai agama yang dipeluk mayoritas penduduk Indonesia. Menurut Obama, situs-situs budaya tersebut dapat berdiri hingga kini karena adanya tingkat toleransi yang sangat baik di Indonesia.

“Kalau Anda lihat Borobudur, candinya umat Buddha, Candi Prambanan umat Hindu, dia ada di negara mayoritas muslim,” sebut Obama.

Menurut Obama, semangat toleransi yang ada dalam kehidupan Masyarakat Indonesia harus menjadi rujukan bagi Negara Islam lainnya.

Ucapan Obama dalam Kongres Diaspora ini terkesan bertentangan dengan kebijakan politik luar negeri yang dikeluarkan saat dirinya menjabat sebagai Presiden AS ke 44. Selama dua periode menjabat Presiden AS, Obama disebut sebagai salah satu aktor yang menyebabkan kondisi Timur Tengah semakin carut marut.

Tercatat sejumlah peristiwa seperti Arab Spring dan perang saudara di Suriah sebagai catatan diduga didalangi oleh AS sendiri.
Pewarta : Teuku Wildan A.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Bawaan Situs