Pelaporan ke bareskrim Polri ini setelah beredar video pidato Victor Bungtuli Laiskodat di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebutkan ada empat partai diantara Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN yang mendukung adanya khilafah. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengklaim, penyidik Bareskrim akan meneliti berkas pelaporan dari beberapa partai yang melaporkan Ketua Fraksi Partai Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat.

“Kami lihat apakah laporannya memenuhi syarat untuk diproses atau tidak. Tidak semua laporan bisa ditindaklanjuti,” kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Senin (7/8).

Dia mengaku belum bisa memastikan waktu pemanggilan Viktor Laiskodat untuk diperiksa sebagai saksi. “Belum bisa dipastikan, apalagi sekarang lagi reses.”

Sebelumnya, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional atau PAN, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dan organisasi sayap Partai Demokrat yakni Generasi Muda Demokrat atau GMD telah melaporkan Viktor Laiskodat ke Bareskrim Polri atas pernyataan kontroversial Viktor dalam acara deklarasi pasangan calon Bupati/Wabup di Tarus, Kabupaten Kupang, NTT pada 1 Agustus 2017.

Dalam video rekaman yang beredar di internet itu, Viktor menyebut ada empat partai yakni Partai Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN yang mendukung kelompok ekstremis Islam untuk membentuk Negara Khilafah.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Wisnu