Sleman, Aktual.com – Taman Nasional Gunung Merapi mencatat berdasarkan hasil monitoring pada 2016 terpantau ada enam ekor Elang Jawa di kawasan hutan lereng Gunung Merapi.

Pengendali Ekosistem Hutan TNGM Dhani Suryawan mengatakan sejauh ini data yang menjadi dasar baru hasil monitoring 2016 itu, sedangkan pada 2017 rencananya monitoring baru dilakukan pada September sampai Oktober.

“Untuk melakukan pengamatan Elang Jawa itu, sebagaimana yang dilakukan pada 2016 lalu, dilakukan menggunakan metode pengamatan serentak,” katanya di Sleman, Sabtu (12/8).

Dia menjelaskan pengamatan serentak yakni sistem pengamatan yang dilakukan dari semua sisi pada hari dan jam yang sama. “Pada 2016 pengamatan serentak keseluruhan tim dibagi dalam enam regu.”

Dia mengatakan pemantauan yang dilakukan waktu itu dilakukan petugas TNGM, dan dari kalangan masyarakat seperti Paguyuban Pecinta Burung Jogja. “Enam ekor Elang Jawa yang terpantau, ada yang terlihat masih remaja dalam artian sudah burung bisa terbang namun belum lancar.”

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Wisnu