Petugas kepolisian berjaga saat massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksektutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi longmarch menuju Istana Merdeka, Jakarta, Senin (22/5/2017). Dalam aksi pengamanan Polisi menyiagakan kendaraan Water Canon dan beberapa kendaraan taktis yang terparkir di depan Istana Merdeka. AKTUAL/Munzir

Tangerang, Aktual.com – Polresta Tangerang, Banten, fokus pengamanan Idul Adha 2017 terhadap tempat ibadah dan saat penyembelihan hewan kurban demi kenyamanan dan antisipasi tindakan teror.

“Ada sekitar 500 petugas kami turunkan untuk pengamanan tersebut, mereka disebar pada lokasi terpisah,” kata Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif di Tangerang, ditulis Jumat (1/9).

Sabilul mengatakan pengamanan tempat ibadah sangat penting demi kenyamanan umat saat menjalankan shalat Idul Adha.

Bahkan pengamanan di lokasi penyembelihan hewan kurban juga penting karena banyak warga yang berkumpul untuk mendapatkan daging sapi, kambing atau domba.

Dia mengatakan petugas akan siaga di jalan raya, terminal, rest area jalan tol Jakarta-Merak, tempat wisata, pom bensin serta pusat keramaian lainnya.

Demikian pula pengamanan terhadap pendistribusian sembako hingga lalu lintas hewan kurban yang hendak disembelih.

Menurut dia, dalam pengamanan petugas tidak boleh sendirian, minimal dua orang, ini merupakan antisipasi teror terhadap polisi yang belakangan ini diarahkan oleh pihak tertentu.

Dalam pengamanan tersebut dilakukan upaya pencegahan dan persuasif serta langkah kemanusian oleh petugas.

Namun penegakan hukum merupakan pilihan terakhir dengan pertimbangan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.

Hal tersebut untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang dapat membahayakan masyarakat dan petugas.

Pihaknya melarang petugas memainkan telepon selular (ponsel) saat bertugas karena dianggap tidak fokus dalam bekerja dan harus serius serta penuh tanggung jawab.

“Dalam melaksanakan tugas harus dapat mendeteksi dalam jarak sekitar 50 meter kemungkinan yang terjadi,” kata mantan Kapolres Jember, Jawa Timur itu.

 

Ant.

Artikel ini ditulis oleh: