Makassar, Aktual.com – Anggota senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Aziz Qahhar Mudzakkar menegaskan, bahwa diperlukan sistem ekonomi berbasis kerakyatan yang berpihak kepada rakyat kecil, bukan pada sekelompok tertentu.

“Sistem ekonomi kita saat ini sangat kapitalistik. Itu sebenarnya bisa kita lawan dengan sistem ekonomi kerakyatan agar ada pemerataan yang dirasakan oleh rakyat kecil,” kata Aziz saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Makassar, Sulawesi Selatan ditulis, Rabu (20/9).

Tidak sekadar mensosialisasikan empat pilar dasar negara, Aziz juga membahas pentingnya sistem ekonomi kerakyatan sebagai solusi ketimpangan ekonomi di Tanah Air, termasuk di Sulsel di hadapan ratusan mahasiswa maupun masyarakat yang hadir Warkop 27, Jalan Sultan Alauddin.

Selain itu, sejalan dengan sistem ekonomi kerakyatan menjadi program Aziz bersama Nurdin Halid (NH) dalam membangun Sulsel. Karena persamaan visi di bidang ekonomi itu pula membuat Aziz mendampingi NH pada Pilgub Sulsel 2018.

Diketahui bahwa NH merupakan Ketua Umum Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) dan sudah lama dikenal menyuarakan ekonomi kerakyatan. Dia sangat yakin sistem ekonomi kerakyatan mampu memangkas ketimpangan ekonomi di tanah air. Kendati demikian, tidak hanya permasalahan ekonomi yang mesti dibenahi, tetapi permasalahan sosial dan politik.

Untuk itu, ideologi yang berlandaskan empat pilar kebangsaan mesti menjadi kerangka dasar yang dimiliki setiap warga, khususnya generasi muda.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Antara
Editor: Wisnu