Plt Ketua Umum SOKSI Ali Wongso Sinaga (kiri) didampingi Ketua Dewan Pembina SOKSI Oetojo Oesman (tengah) dan Sekjen Depinas SOKSI Muas (kanan) berpegangan tangan usai keterangan pers di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (29/9/2017). SOKSI akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) untuk melakukan pemilihan Ketua Umum baru yang akan digelar pada 11-12 Oktober mendatang di Jakarta. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) menegaskan dukungannya terhadap kepemimpinan Setya Novanto di Partai Golkar. Ketua Harian SOKSI, Ali Wongso menyatakan persoalan hukum yang sedang menimpa Novanto tidak membuat pihaknya menarik dukungan terhadap mantan Bendahara Umum partai berlogo pohon beringin tersebut.

“Jadi kita perlu menyampaikan dukungan moril kepada ketua umum kita, dalam rangka proses peradilan dalam rangka mencari keadilan. Dan kita menjunjung tinggi supremasi hukum yang berkeadilan,” ujar Ali Wongso usai menggelar jumpa pers mengenai Munas SOKSI di Gedung DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (28/9).

Ali Wongso menyadari jika semua pihak harus menghormati proses hukum kasus dugaan korupsi KTP elektronik. Namun, ia juga mengingatkan semua pihak agar juga mengedepankan asas praduga tak bersalah dalam menyikapi kasus tersebut.

Dia yakin pos ketua umum tetap ditempati Setnov. Karena saat ini belum ada keputusan hukum tetap yang bisa menghambat Setnov menjadi ketua umum.

“Sekarang kan beliau sedang meminta praperadilan. Sedang berproses dan itu hak warga negara, lagipula belum ada keputusan hukum tetap,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar ini.

Lebih lanjut, ia pun angkat bicara munculnya rekomendasi dari Koordinator Bidang Polhukam dan Kajian Strategis Partai Golkar terkait penonaktifan Setnov sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Ia pun kembali melontarkan penolakan SOKSI terhadap rekomendasi tersebut.

“Kalau ditanya apa Soksi mendukung tidak rekomendasi? Jelas tidak,” pungkasnya.

 

Laporan Teuku Wildan

Artikel ini ditulis oleh: