Jakarta, Aktual.com- PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) berencana melakukan penambahan pasokan daya terhadap Gardu Distribusi Senayan dalam rangka persiapan menyambut ajang perhelatan empat tahunan  Asian Game 2018.

General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad menjelaskan bahwa yang fokus utama untuk dilakukan antisipasi yakni pada venue VIP Barat, VIP Timur, Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Aquatic Venue, Tenis Indoor Senayan, dan Infrastruktur Kawasan.

“Penambahan daya tersebut saat ini sudah mencapai 5.540 kVA atau setara 5.540.000 VA dari target 8.000 kVA,” kata dia di Jakarta, Jumat (29/12).

Selain diperkuat dengan penambahan daya, lanjutnya, Gardu tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas Automatic Change Over (ACO) yang berfungsi untuk penggantian pasokan daya listrik secara otomatis jika pasokan utama mengalami gangguan, dengan setting kecepatan pemindahan otomatis 0.3 millisecond.

“PLN Disjaya siap menghadapi perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta, seluruh infrastruktur kelistrikan yang menyediakan pasokan listrik utama maupun cadangan sudah mencapai 90 % progress persiapannya. Selain dari pasokan dari sistem PLN, ada rencana juga untuk menyediakan 8 unit genset sewa dengan kapasitas 1250 kVa / Unit sebagai pasokan tambahan. Jumlah total dana yang di investasikan untuk penguatan pasokan listrik Asian Games 2018 sebesar 71 Miliar rupiah” Ujar Ikhsan Asaad.

Gardu Distribusi yang dayanya telah ditambah ini mendapat pasokan listrik utama dari Gardu Induk Senayan dan satu penyulang. Selain itu, Gardu Distribusi ini juga mendapat Pasokan Listrik Cadangan dari  dua Gardu Induk lainnya dan tiga buah penyulang tambahan.

Pewarta : Dadangsah Dapunta

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Bawaan Situs