prabowo

Jakarta, Aktual.com – 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra dijadwalkan akan mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Ketua Umumnya, Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres) dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Ketika dikonfirmasi, Ketua DPP Partai Gerindra, Heri Gunawan tidak menampik akan hal ini.

“Iya, deklarasi dilakukan di daerah masing-masing, di DPD masing-masing,” kata Heri ketika dihubungi Sabtu (10/3) malam.

Namun, ia menegaskan jika Prabowo tidak menghadiri satu pun dari deklarasi yang diadakan berbarengan di 34 provinsi di Indonesia.

Berdasar informasi yang didapat Aktual, deklarasi yang dilakukan oleh DPD Gerindra DKI Jakarta akan dilakukan pada siang nanti pukul 12.00 WIB, Minggu (11/3) di kawasan Rawasari, Jakarta Pusat.

Acara deklarasi ini, lanjutnya, merupakan bentuk dorongan dan mandat dari internal partai untuk kembali maju dalam Pilpres yang akan datang.

“Untuk itu kita mandatkan lagi beliau untuk maju menjadi Capres, tentunya akan ada langkah selanjutnya yang akan diikuti dari pihak eksternal partai
,” jelas anggota Komisi XI DPR RI ini.

Ketika ditanya tentang adanya keraguan dari Prabowo untuk tampil dalam Pilpres mendatang, Heri menampiknya. Menurutnya, dorongan ini bukanlah karena adanya keraguan dari Prabowo untuk maju dalam pesta demokrasi 2019.

Heri mengatakan, sebagai Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra, sikap Prabowo cenderung mengikuti aspirasi dari tingkat bawah.

“Beliau ikut aturan main, apakah mendapat mandat dari partainya apa tidak?
Itu namanya pemimpin,” tutupnya.

Sebagai informasi, secara kelembagaan, Partai Gerindra sendiri belum secara resmi mendeklarasikan Prabowo sebagai Capres hingga kini. Namun, secara personal, pencalonan Prabowo sebagai Capres kerap terlontarkan oleh berbagai tokoh Gerindra, termasuk Prabowo sendiri, dalam berbagai kesempatan.

Artikel ini ditulis oleh:

Teuku Wildan