Tokoh Nasional Indonesia Rizal Ramli saat mengunjungi dan launching Baitut Tamwil Barkah Umat di Masjid PP Persis Ciganitri, Kampus STAI Persis Bandung, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung Sabtu (14/4). Rizal Ramli juga pada hari yang sama mengunjungi Pondok Pesantren Raudatul Muta'alimin pimpinan KH Ate Mushodiq di Tasikmalaya. Baik Persis maupun Pondok Pesantren tersebut mendukung langkah Rizal Ramli yang berani mencalonkan sebagai Presiden. AKTUAL/HO

Jakarta, Aktual.com – Direktur Lingkar Madani (Lima) untuk Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan bahwa langkah yang dilakukan oleh ekonom senior, Rizal Ramli (RR) sangatlah tepat dengan lebih dini mendeklarasikan diri maju ke arena Pilpres 2019.

“Saya pribadi mengapresiasi (pencalonan RR). Bagi saya ini justru langkah yang lebih maju dibandingkan hanya mengusung tagline tapi enggak pernah muncul presidennya,” katanya, Rabu (9/5).

Menurutnya kalau RR singkatan Rizal Ramli adalah tokoh yang paling siap dengan visi dan misi sebagai calon presiden. “Yang dilihat itu bukan uang, darah biru, perahunya apa, tapi beliau (RR) dengan visi-misinya,” ungkapnya.

“Jadi orang ini mendesain sejak dari awal bahwa ia calon pemimpin 250 juta rakyat. Jumlah itu bukan main-main. Karena itu seorang pemimpin tidak bisa muncul tiba-tiba,” tambahnya.

Meskipun belum ada partai politik yang tegas mendukung mantan Menko Maritim dan Sumber Daya itu, sambung Ray bahwa deklarasi pencapresan RR pada 5 Maret lalu memiliki poin tersendiri yakni mampu menarik perhatian publik dan elite-elite parpol.

“Saya bayangkan presiden di masa yang akan datang ya begini. Setahun dua tahun sebelum Pemilu dia sudah bicara isu harian. Ayo dong bicara soal isu harian, apakah itu TKA, ataukah dolar, reklamasi, kasus terorisme. Ini ada Mako Brimob rusuh, apa sikapnya, apa pandangannya,” paparnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Andy Abdul Hamid