Jakarta, Aktual.com – Polres Kabupaten Polewali Mandar mengamankan pelaku balap liar yang dianggap meresahkan masyarakat yang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan 1439 hijriah.

“Petugas amankan balap liar dan penyakit masyarakat lainnya di seputar stadion, Alun-alun dan pantai Bahari Kabupaten Polman berhasil diamankan puluhan pelaku dan mengamankan 78 unit sepeda motor,” kata Kapolres Polman AKBP Moh Rifai SH SIK di Polman, Sabtu (19/5).

Ia mengatakan, sepeda motor yang telah diamankan dilakukan tindakan tilang, dan para pelaku pengendara balap liar diberikan arahan tentang resiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Selain itu diberikan penjelasan bahwa melakukan aksi balap liar tanpa menggunakan helm dan kelengkapan sesuai layaknya pembalap profesional sangat beresiko dan berbahaya.

Balap liar beresiko menimbulkan konflik sosial di masyakat ketika masyarakat bersikap menghakimi atau memukul pelaku balap liar di jalan karena merasa terganggu aksi balap liar.

Menurut dia, masyarakat mengeluhkan dan terganggu dengan adanya balap liar di wilayah Kabupaten Polman selama awal bulan puasa Ramadhan 1439 H dan masalah ini juga disiarkan oleh media sehingga dilaksanakan tindakan tegas.

“Polres Polman mewujudkan kamtibmas dan keselamatan ketertiban kelancaran lalu lintas yang kondusif dan masyarakat Kabupaten Polman dapat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439H dengan baik dan tenang,” katanya.

ant

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nebby