Sukabumi, Aktual.com – Kendaraan pemudik mulai memadati jalur selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, baik dari arah Bogor, Kota Sukabumi, maupun Cianjur pada H-3 Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Sudah mulai ada peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah selatan Kabupaten Sukabumi melalui jalur Kecamatan Cikembar,” kata Kapolsek Cikembar AKP I Djubaedi di Sukabumi, Selasa (12/6).

Menurutnya, peningkatan volume kendaraan sudah terlihat di Jalan Pelabuhan II yang merupakan jalur pintu masuk ke wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Peningkatan volume kendaraan tersebut sekitar 20-30 persen, namun arus lalu lintas masih lancar walaupun ada kepadatan di beberapa titik.

Lanjut dia, diprediksi pada Selasa, (12/6) ini merupakan puncak arus mudik di Sukabumi. Terlihat di beberapa titik sudah terjadi kepadatan yang didominasi kendaraan pribadi.

Selain itu, tingginya arus kendaraan menuju selatan ini dikarenakan cukup banyaknya warga Kabupaten Sukabumi seperti Palabuhanratu dan Pajampangan yang bekerja di luar daerah seperti DKI Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Untuk mengntisipasi kemacetan, petugas gabungan polisi, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi berada di sejumlah titik rawan kemacetan.

“Ada tiga titik rawan kemacetan seperti di Pasar Pangleseran, pertigaan menuju Jampang Tengah, dan Pertigaan Cikembang yang menjadi titik arus kendaraan dari Jakarta dan Sukabumi yang menuju Palabuhanratu,” tambahnya.

Djubaedi mengatakan peningkatan volume kendaraan ini sudah terasa sejak Sabtu, (9/6). Tapi diperkirakan pada H-3 ini menjadi puncak arus mudik ke wilayah selatan Kabupaten Sukabumi.

ant

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nebby