Pontianak, aktual.com – Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Azyumardi Azra, mengatakan optimistis bahwa Indonesia akan tetap utuh dan menjadi negara besar meski kini tengah mengalami hiruk pikuk pemilihan umum.

“Saya optimistis dalam melihat Indonesia, tetapi jangan melihat bahwa proses ini sudah selesai,” kata Azyumardi Azra saat menghadiri dialog Memperkuat Nilai-nilai Kebangsaan Demi Kejayaan Indonesia di Pontianak, Jumat (22/2).

Menurut dia, kondisi tersebut harus dijaga secara terus menerus terlebih lagi saat ini ada tantangan dari luar. “Karena kalau dibiarkan, ini dapat menciptakan suasana yang tidak baik, yang dapat mengancam keindonesiaan,” katanya menegaskan.

Ia mencontohkan maraknya informasi hoaks atau berita bohong. “Ini harus diberantas karena dapat merusak nilai-nilai sebuah kepercayaan, ‘trust capital’,” kata Rektor UIN Syarif Hidayatullah tahun 198 – 2006 itu.

Bahkan, lanjut dia, dapat membuat longgar jejaring kebangsaan di Indonesia. Interaksi antarsuku di Indonesia, secara langsung maupun tidak, ikut membentuk dan berproses menjadi Indonesia seutuhnya.

Ant.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Zaenal Arifin