Yayasan Dharma Bhakti Lestari, Lestari Moerdijat

Semarang, Aktual.com – Yayasan Dharma Bhakti Lestari yang dipimpin Lestari Moerdijat mengusulkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional dengan membentuk Tim Peneliti dan Penulis Naskah Akademik dari sumber-sumber asli guna menepis mitos tentang ratu visioner tersebut.

Lestari Moerdijat menyatakan berdasarkan catatan sejarah yang ditulis oleh bangsa Portugis menunjukkan bahwa keberadaan Ratu Kalinyamat yang ditulis sebagai Rainha de Jepara (Ratu Jepara) itu bukanlah mitos dan bukan pula milik komunitas tertentu.

Pada dasarnya mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual.

Mitos disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal untuk membentuk model sifat-sifat tertentu dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.

Kehadiran Ratu Kalinyamat, menurut dia, bukan milik komunitas Jepara saja karena Ratu Kalinyamat merupakan sosok perempuan yang inklusif sekaligus kosmopolitan.

Sebagai perempuan yang inklusif, menurut dia, Ratu Kalinyamat menempatkan dirinya ke dalam cara pandang orang lain/ kelompok lain dalam melihat dunia.

Artikel ini ditulis oleh: