Aktual.com – Indonesia bisa cepat timing menjadi negara maju kalau kesenjangan bisa dipersempit, sehingga masyarakat yang belum mapan dapat dipercepat pertumbuhan kesejahteraannya. 
Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo saat kampanye di Lapangan Reformasi, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (9/4). 
“Kesenjangan harus diperkecil. Yang belum mapan, kita percepat pertumbuhan kesejahteraannya. Mereka yang sudah mapan diberikan aturan yang jelas, jangan abu-abu, agar bisa meningkatkan produktivitasnya,” tuturnya. 
Deli Serdang misalnya, basisnya adalah UMKM, terutama di bidang kuliner. Warga butuh modal guna mengembangkan usahanya. Untuk itu, perlu ada bank yang menyangga mereka.
Tak hanya kemudahan akses dana murah, UMKM membutuhkan berbagai pelatihan. “Bukan hanya pelatihan membuat barang, tapi marketing, penjualan, pembukuan, itu penting,” kata Hary seraya berpesan UMKM kuliner di Medan perlu pemetaan agar bersih, tertib, tak terpencar.
Proteksi, lanjut Hary, tak kalah penting. UMKM tidak bisa diadu dengan yang besar-besar, karena mereka kalah dari berbagai sisi, mulai dari modal hingga networking.
“Harus diproteksi, memberikan mereka kesempatan untuk tumbuh. Kita bina, kita berdayakan, kita proteksi mereka, sudah tumbuh besar baru dilepas. Dengan begitu kesenjangan mengecil,” kata Hary.
Kebijakan atau regulasi yang memberikan perlakukan khusus kepada UMKM itulah salah satu yang diperjuangkan Partai Perindo di parlemen nanti. Pun petani, nelayan dan masyarakat tertinggal lainnya.
“Saya menyambut baik dukungan masyarakat. Percayalah, Partai Perindo berjuang untuk masyarakat. Kami ingin melihat Indonesia seperti luar negeri, masyarakatnya mapan. Kita ingin lihat Indonesia itu maju,” kata Hary.
Dia menegaskan Indonesia bisa maju kalau masyarakat bisa naik kelas, yang di bawah ke tengah, yang tengah di atas. Rakyat kecil tidak bisa dibiarkan berjuang sendirian, mereka perlu dibantu, dibina, diemong hingga akhirnya mapan. 
“Saya akan bertanggung jawab. Masyarakat tidak akan kecewa memilih Partai Perindo. Partai Perindo berjuang untuk Indonesia, berjuang untuk masyarakat kecil, itu pasti,” pungkas Hary.
Ribuan massa Partai Perindo yang hadir menjadikan Lapangan Reformasi, Deli Serdang berwarna merah, putih, biru. Mereka mengibarkan bendera besar partai berlambang rajawali itu. 

Artikel ini ditulis oleh: