Gunung Agung yang kembali meletus pada Rabu (4/7) siang. Foto: Aktual.com/Bobby Andalan.

Denpasar, Aktual.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali menegaskan hingga saat ini belum ada perubahan status Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, yang berada pada level III (Siaga), meskipun dalam kurun waktu 2,5 bulan terakhir kondisinya terlihat landai dan tenang.

“Masyarakat kami harap tetap tenang dan tingkatkan kesiap-siagaan, jangan mudah terpengaruh oleh berita hoaks. Beberapa hari yang lalu sempat muncul postingan dari salah satu akun media sosial yang berisikan bahwa Gunung Agung erupsi lagi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin, di Denpasar, Sabtu (31/8).

Tim BPBD Karangasem, menurut Rentin, telah bertindak cepat dan memperingatkan pemilik akun agar mengklarifikasi atau bahkan menghapus postingannya serta lebih teliti dan berhati-hati dalam mem-posting berita.

“Sebaiknya tanya, minta info atau ikuti perkembangan informasi dari lembaga resmi pemerintah, dan akhirnya postingan tersebut sudah dihapus,” ujar Rentin.

Rentin mengatakan kondisi Gunung Agung dalam kurun waktu 2,5 bulan terakhir terlihat landai dan bahkan sangat tenang sehingga ada yang bertanya apakah akan ada perubahan terhadap status Siaga (Level III) yang ada sekarang.

Artikel ini ditulis oleh: