Mamuju, aktual.com – Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat bidang e-Goverment telah menyelesaikan pemasangan internet gratis di 32 desa yang tersebar di enam kabupaten.

Kepala Dinas Kominfo Sulbar Safaruddin, di Mamuju, Senin mengatakan, pemasangan jaringan internet gratis di 32 desa tersebut merupakan salah satu program Mandiri, Cerdas dan Sehat (Marasa) yang telah dicanangkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar.

Ia menyatakan, pemasangan jaringan internet gratis yang dilakukan sejumlah tim dari Kominfo di 32 desa itu, tersebar di enam kabupaten di Provinsi Sulbar.

Tim I bertugas di Kabupaten Polewali Mandar yang melakukan pemasangan jaringan internet di delapan desa, yakni Desa Galung, Lombok, Tammejarra, Mosso, Katimbang, Katumbangan, Napo, Lekopadis dan Desa Rappang Barat.

“Pemasangan di delapan desa itu sudah selesai dan saat ini telah aktif digunakan di kantor desa masing-masing,” ujarnya.

Begitu pun dengan pemasangan jaringan internet di Kabupaten Mamuju yang terdiri dari lima desa yakni, Desa Botteng, Lebani, Rantedoda, Losso dan Desa Pamulukang.

Tim II yang bertugas di Kabupaten Mamasa melakukan pemasangan di lima desa, yakni Desa Tondok Bakaru, Balla Satanetean, Minanga, Ralleanak dan Desa Sendana.

Sedangkan di Kabupaten Majene terdiri dari, Desa Tammerodo, Lombang, Sambabo, Buttu Baruga serta Desa Panboborang.

Sementara, Tim III bertugas di Kabupaten Pasangkayu, terdiri dari Desa Balanti, Kaluku Nangka, Wulai dan Desa Martasari.

Di Kabupaten Mamuju Tengah, tim tersebut melakukan pemasangan jaringan internet gratis di Desa Lemo-lemo, Kambunong, Sinabatta, Saloadak dan Desa Sarjango.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja teman-teman yang telah bekerja dengan penuh tanggungjawab dan saat ini 32 desa se-Sulbar sudah menikmati internet gratis. Selain itu terkait masih rendahnya jangkauan signal atau pemancar ke masyarakat yang hanya 100 meter, tentunya akan menjadi bahan kita tahun depan jika program ini berlanjut,” urainya.

“Namun yang terpenting adalah, di kantor desa telah terpasang dan kini telah dapat digunakan dengan lancar. Adapun jika ada yang bersifat teknis lainnya di desa jika ada keluhan di pemasangan alat, ini akan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencari solusinya,” terang Safaruddin.

Pemasangan internet gratis melalui Program Marasa tersebut disambut gembira masyarakat.

Kepala Desa Mosso, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar Sukri menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi serta Dinas Kominfo Provinsi Sulbar yang telah memberikan bantuan internet gratis kepada desanya.

“Desa Mosso merupakan salah satu desa terpencil yang selama ini kesulitan dalam mencari jaringan. Kami harus menempuh jalan hingga hingga berkilo-kilo meter untuk mencari jaringan internet ataupun jaringan telpon, sehingga menyebabkan kami aparat desa kewalahan dalam melakukan tugas-tugas serta kurangnya informasi yang kami dapat dikarenakan tidak adanya jaringan internet,” terangnya.

“Dengan adanya bantuan internet gratis dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat serta Dinas Kominfo yang telah memasangkan kabel dan alat, tentunya sangat membantu kami dalam mendapatkan informasi dan sangat membantu kami dalam melakukan tugas serta pelayanan kepada masyarakat,” ujar Sukri. [Eko Priyanto]

Artikel ini ditulis oleh:

Zaenal Arifin