Muara Enim, Aktual.com – Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar, menyambut baik hadirnya investasi di Kecamatan Muara Belida melalui rencana pembangunan terminal khusus batubara oleh PT. Sinar Baru Mandiri (SBM).

Namun demikian dirinya mengingatkan perusahaan harus memberikan dampak peningkatan pembangunan, terutama bagi penduduk sekitar, Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati dalam paparan Manajer Proyek PT. SBM, Syarifuddin, Jumat (30/07) di Hotel The 101, Kota Palembang.

Pj Bupati H.Nasrun Umar Di dampingi Asisten Prekonomian dan pembangunan ,Riswandar ,Meninjau lokasi tempat yg akan di bangun terminal khusus batubara

Dalam keterangannya Pj. Bupati didampingi ketiga Staf Ahli dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Riswandar, menekankan bahwa Pemkab Muara Enim berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan peluang bagi siapapun investor yang membuka usahanya di Bumi Serasan Sekundang, termasuk PT. SBS yang berencana memanfaatkan lahan seluas 25 hektar di tepi Sungai Meriak, Desa Tanjung Baru, Kec. Muara Belida sebagai terminal khusus bongkar muat batubara dengan kapasitas hingga 10 juta ton pertahun.

Namun Nasrun Umar mengingatkan perusahaan untuk mengakomodir 5 (lima) hal, yaitu memenuhi seluruh persyaratan teknis maupun administrasi sesuai ketentuan yang berlaku, komitmen untuk tidak mencemari lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab sosial, pengalokasian tenaga kerja lokal dan community development.

Kemudian perusahaan harus menjalankan amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Muara Enim Nomor 3 Tahun 2010 tentang Peran Serta Badan Usaha Untuk Peningkatan Pembangunan di Kabupaten Muara Enim dan terakhir melaksanakan koordinasi yang baik dengan dinas/instansi terkait.

Pj bupati bersama pihak Perusahaan tinjau lokasi pembangunan terminal khusus batubara di kecamatan muara belida

Sementara itu Manajer Proyek PT. SBM mengucapkan terima kasih atas dukungan Pj. Bupati Kabupaten Muara enim H.Nasrun Umar, Dirinya berjanji akan memenuhi seluruh persyaratan dan berkomitmen turut memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Selanjutnya Pj. Bupati dan rombongan didampingi Camat Muara Belida dan Kepala Desa Tanjung Baru meninjau rencana lokasi, termasuk rencana jalan akses alternatif kendaraan menuju proyek dermaga PT. SBM.

Artikel ini ditulis oleh:

Apriansyah