JAKARTA, Aktual.com, Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menggelar lomba pembacaan teks proklamasi secara virtual. Hal ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik Zokifli mengatakan, Proklamasi adalah suatu titik balik bangsa Indonesia.

Dari keadaan tertutup, tidak bebas, karena berada di bawah kekuasaan bangsa asing Belanda dan Jepang ke dalam suasana kemerdekaan yang artinya dapat menentukan nasibnya sendiri.

Dan kemerdekaan itu sesungguhnya ialah karunia dari Allah SWT. Sebagaimana yang termaktub dalam Al Quran surat Al Fath ayat pertama. Jadi sesungguhnya kemerdekaan itu hakekatnya diberikan Allah SWT.

“Ini salah satu cara PKS mensyukuri dan mengisi kemerdekaan dengan menggelar lomba baca teks proklamasi mirip suara Soekarno. Ini adalah pemantik kembali bisa membaca dan memahami tentang teks proklamasi yang pendek namun bermakna dalam bagi bangsa ini, apa pentingnya untuk kita,” ujar MTZ.

Tidak hanya lomba membaca teks Proklamasi, PKS DKI Jakarta juga memperdalam apa yang terjadi dalam sejarah proklamasi 17 Agustus 1945, Roni Adi yang mengulas dari segi budaya, dan Esti Utami terkait dengan cagar budaya dan naskah teks proklamasi.

Lebih lanjut MTZ meminta perayaan HUT RI ini harus menjadi momentom pembentukan karakter dari kader PKS.

Menurutnya kader PKS harus memiliki 4 hal, menurut AD/ ART Partai, yang pertama Berakhlakul Karimah, Inovatif, Berjiwa Melayani, Harus berjiwa Patriotik, punya semangat membela negara, salah satunya memahami makna dibalik proklamasi 17 Agustus 1945, bagaimana kaitan antara teks yang dibaca Soekarno Hatta menjadi titik balik agar lebih mencintai dan mengisi pembangunan bangsa ini secara komprehensif.

 

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Ridwansyah Rakhman