Tangkapan Layar Guru Besar IPB University, Prof. Hermanto Siregar dalam webinar Aktual Forum yang bertajuk ‘Jadi Petani Milenial, Kenapa Tidak?!’ pada Selasa, (31/08).
Tangkapan Layar Guru Besar IPB University, Prof. Hermanto Siregar dalam webinar Aktual Forum yang bertajuk ‘Jadi Petani Milenial, Kenapa Tidak?!’ pada Selasa, (31/08).

Jakarta, Aktual.com – Guru Besar IPB, Prof. Hermanto Siregar dalam diskusinya bertajuk ‘Jadi Petani Milenial, Kenapa Tidak?!’ pada Selasa, (31/08), memberikan tiga solusi kepada petani-petani di Indonesia.

Pertama, ia menyampaikan bahwa para petani di Indonesia harus bisa meningkatkan pengetahuannya serta keterampilan agar bisa mengadopsi teknologi pertanian terkini.

“Di dalam usaha tani, petani harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani agar mengadopsi teknologi pertanian terkini. Esensinya yaitu agar dapat meningkatkan produktivitas kerja pertanian,” ucapnya.

Solusi kedua, menurut Hermanto, anak petani boleh bekerja di luar pertanian, namun masih tetap yang berbasis pada sektor pertanian. Misalnya, pengolahan hasil pertanian, agrowisata ataupun starts up terkait Agrobisnis.

“Diluar tani, tidak ada salahnya anak-anak bekerja di luar pertanian. Tetapi harus berbasiskan kepada pertanian, seperti oleh-oleh dan pariwisata yang lebih mengangkat hasil pertanian,” kata Hermanto.

Terakhir, dia mengatakan bahwa pemerintah daerah harus bisa memberikan beasiswa-beasiswa kepada anak-anak tani yang memiliki kapasitas akademik yang bagus sehingga mereka bisa memasuki sektor formal.

“Di sektor yang bukan pertanian, bagaimana salah satu dari anak tani ini bisa menjadi dokter atau insinyur, kemudian diberikan beasiswa. Dari sini kita mengharapkan kepada pemerintah daerah memberikan beasiswa kepada anak-anak tani,” kata Guru Besar IPB ini.

(Rizky Zulkarnain/Hilmi)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: A. Hilmi