Jakarta, aktual.com – Habib Ali bin Umar bin Abdullah Bafaqih putra dari pasangan Habib Umar dan Syarifah Nur. Lahir di Banyuwangi pada tahun 1890. Setelah memperdalam ilmu agama di tanah suci Makkah selama 7 tahun, beliau masih melanjutkan belajar lagi di Pesantren Jombang, yang diasuh oleh K.H Wahab Hasbulloh. Sejak mudanya beliau belajar ilmu Al-Ouran dan pencak silat.

Setelah berhasil menguasai berbagai Ilmu Agama dari Makkah dan jombang, beliau langsung disuruh mengajar Madrasah Al-Khoiriyah di daerah kelahirannya Banyuwangi. Tapi baru 1 tahun mengajar, beliau disuruh Hijrah ke Bali oleh seorang Datuk K.H. Muhammad Said seorang ulama’ besar di Lolohan Bali untuk Syi’ar Islam.

Di Bali mendirikan Pesantren “Syamsul Huda” yang didirikan tahun 1935 dan telah berhasil mencetak ribuan santri yang telah menjadi Da’i dan Kyai. Pada usianya yang ke 107 beliau dipanggil oleh yang maha kuasa.

Makamnya banyak diziarahi tidak kurang 10 bus tiap hari dari berbagai kota besar dan dimakamkan di area pesantren Syamsul Huda, Desa Lolohan Barat Kecamatan Nagara Kabupaten Jembrana.

Artikel ini ditulis oleh:

Rizky Zulkarnain