Screenshot rilis Survei daring Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) dengan tema Ekonomi-Politik 2021 dan Harapan 2022: Opini Publik Nasional. Saiful Mujani TV/Aktual.com

Jakarta, Aktual.com – Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) kembali mengadakan survei opini publik dengan tema Ekonomi-Politik 2021 dan Harapan 2022: Opini Publik Nasional. Survei dilaksanakan dari tanggal 8 hingga 16 Desember 2021 terhadap 2.062 responden.

Dalam survei tersebut ditunjukkan bagaimana secara umum publik menilai kinerja Joko dalam menangani berbagai persoalan.

Hasilnya, mayoritas 71,7% menyatakan sangat/cukup puas dengan kerja Presiden Jokowi Sedangkan yang menyatakan kurang/tidak puas 25,3%.

Dan jika dilihat dalam 2 tahun terakhir yakni 2019-2021 kinerja presiden secara umum dimata publik sebelum maupun setelah Covid-19 tingkat kepuasannya stabil diangka 71%.

Selain kinerja presiden survei tersebut juga mengungkap bagaimana publik mengevaluasi pemberantasan korupsi di Indonesia. Hasilnya mayoritas publik 41,5% publik menilai menilai kondisi pemberantasan korupsi di buruk/sangat buruk. Hanya 28,8% yang menyatakan Kondisi pemberantasan korupsi baik/sangat baik.

Kepada publik juga ditanyakan juga terkait bagaimana korupsi di negara kita sekarang dibanding tahun lalu? Hasilnya mayoritas 41,1% mengatakan korupsi di negara kita sekarang semakin banyak dibanding tahun lalu.

Dan dalam 2 tahun terakhir SMRC melihat yang mengatakan korupsi semakin banyak itu selalu lebih banyak dibanding yang mengatakan semakin sedikit.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Dede Eka Nurdiansyah