Finalis Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional 2023 Mohamad Pandu Ristiyono. Foto: ist.

Jakarta, aktual.com –  Pustakawan Universitas Terbuka, Mohamad Pandu Ristiyono (Pandu) lolos sebagai finalis Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023. Acara tersebut digelar pada 15 – 18 Mei 2023, di Hotel Grand Mercure Hayam Wuruk, Jakarta.

“Pustakawan diharapkan menjadi penggerak agar Indonesia bisa menjadi negara produsen. Pustakawan sebagai orang pintar harus mengingatkan untuk membuka wawasan masyarakat,” hal itu dikatakan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando saat membuka kegiatan Final Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasiona 2023 di Gedung Auditorium Perpusnas Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Kepala Perpusnas berharap perpustakaan dan pustakawan menjadi “Jembatan“ ilmu Pengetahuan dari masa lalu, sekarang dan akan datang. Harapan itu karena, ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan masyarakat menuju kesejahteraan melalui literasi dan membaca.

“Para Pustakawan jangan cepat merasa puas, mengingat perubahan akan terus berjalan dan kita sebagai agen yang terbaik karena dikelilingi ilmu pengetahuan dan buku di sekitar kita,” ungkapnya.

Proses seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 telah dimulai sejak Februari lalu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 ini, proses penilaiannya tidak lagi dilakukan bertingkat di daerah, namun langsung dilakukan oleh Tim Dewan Juri Pusat.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Zaenal Arifin