Pemuda Ganjar melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair untuk para pemuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).
Pemuda Ganjar melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair untuk para pemuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Bone,Aktual.com – Pemuda Ganjar mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair untuk para pemuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

“Kegiatan hari ini pelatihan pembuatan pupuk organik cair. Pesertanya, pemuda-pemuda Kabupaten Bone,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) PMN Sulawesi Selatan, Jusman, Kamis (13/7/2023)

Para peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan wilayah di Kabupaten Bone aktif mengikuti kegiatan tersebut. Mereka melatih diri untuk membuat pupuk organik dengan memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan setempat.

Warga biasanya membuang sabut kelapa sebagai sampah, sehingga sabut kelapa menjadi salah satu limbah yang sangat melimpah.

“Tujuan kegiatan ini adalah agar pemuda-pemudi dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam memanfaatkan limbah yang ada di sekitar.” Kata Jusman.

Selain sabut kelapa, dalam pembuatan pupuk organik cair tersebut. Mereka mencampurkan bahan-bahan tersebut, mengaduknya secara rata, menyaringnya, dan menempatkannya dalam wadah yang tertutup.

“Bahan tersebut sangat mudah didapat, karena bahan utamanya sabut kelapa. Ditambahkan gula merah, cairan EM4, dan air” Ujar Jusman.

Kemudian, tempatkan campuran bahan tersebut di tempat yang cukup dingin selama sekitar 20 hari agar cairannya tidak mengeluarkan aroma yang busuk.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Jusman menyarankan agar peserta membuka wadah tersebut selama beberapa menit setiap pagi, untuk mengeluarkan gas dari dalamnya.

“Pupuk cair tersebut memiliki keunggulan yang berguna untuk berbagai jenis tanaman.” Terang Jusman.

Jusman juga menyampaikan bahwa pada setiap kesempatan, jajarannya melakukan sosialisasi tentang sosok Ganjar sebagai Calon Presiden 2024.

“Agar Ganjar Pranowo terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia tahun 2024, para pemuda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, khususnya, mendukungnya dengan penuh optimisme.” Terangnya.

Peserta pelatihan, Agus Saling, mengungkapkan bahwa ia mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat mengenai cara membuat pupuk organik cair dan pengolahan limbah melalui kegiatan tersebut.

“Saya merasa bersyukur karena kegiatan ini mengajarkan saya bahwa kita bisa mengolah bahan-bahan yang seharusnya menjadi sampah menjadi pupuk.” Ujarnya.

Ganjar Sosok Pemimpin Pilihan Pemuda

Selama kegiatan tersebut, Agus juga mengenal sosok Ganjar Pranowo dan berbagai prestasinya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Agus memastikan dukungannya untuk Ganjar sebagai Calon Presiden 2024.

“Saya berharap Ganjar menjadi Presiden 2024 agar kita dapat melanjutkan kegiatan-kegiatan progresif seperti ini.” ucap Agus.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra