Jakarta, Aktual.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Light Rail Transit (LRT) Jabodebek telah mencapai tingkat kelancaran dan kenyamanan yang lebih baik setelah mengecek langsung proses pengujian LRT Jabodebek.

“Saya bahagia bahwa kini sudah semakin baik dibandingkan pengujian sebelumnya. Saya minta kepada operator, jika ada kelemahan agar segera diperbaiki dan ditingkatkan,” ucap Menhub melalui keterangan resmi.

Menhub mengikuti uji coba LRT Jabodebek mulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, ke Stasiun Harjamukti, Depok, dan kemudian ke Stasiun Jatimulya, Bekasi. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum LRT Jabodebek beroperasi secara komersial.

Pengujian LRT dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pengoperasian semua kereta LRT untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan terpenuhi di semua kereta yang akan dioperasikan.

Tahap kedua melibatkan pengoperasian kereta dengan jumlah penumpang maksimal untuk memastikan pelayanan penumpang dan tingkat kenyamanan terpenuhi.

Kemudian, tahap ketiga dilakukan uji coba dengan headway ketat dan rute pulang-pergi. Menhub menyatakan bahwa uji coba ini akan berlangsung hingga lima hari sebelum 18 Agustus, sehingga dapat segera dilaporkan kepada presiden. Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat perayaan HUT Ke-78 Republik Indonesia.

Selain melakukan pengujian LRT, Menhub juga mengunjungi gedung Operation Control Center (OCC) LRT Jabodebek dan memberikan pengarahan serta motivasi kepada para petugas. Ia mempersilakan para petugas untuk menyampaikan aspirasinya sebagai bahan masukan dan evaluasi.

“Ketika kereta ini sudah berjalan, maka kita tidak bisa berhenti atau mundur lagi. Kalau ada masalah pasti akan banyak keluhan dari masyarakat. Untuk itu, kita harus pastikan dengan quality control dan tingkat keselamatan yang baik,” ujar Menhub.

Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo, mengapresiasi kehadiran Menhub yang menjadi penyemangat bagi jajaran KAI, khususnya divisi LRT Jabodebek, dalam mempersiapkan pengoperasian LRT Jabodebek.

Artikel ini ditulis oleh:

Antara
Firgi Erliansyah