Jakarta, Aktual.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyoroti pentingnya kerja sama antarnegara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga.

Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono, menekankan perlunya penguatan persiapan untuk meraih medali emas di Olimpiade, sebagai bagian dari upaya mengangkat prestasi olahraga ASEAN secara keseluruhan.

“Kita dorong untuk dilakukannya kerja sama dengan negara-negara di ASEAN, seperti panjat tebing, angkat besi, dan bulu tangkis. Itu yang ada peluang medali, dan negara-negara di kawasan ini pun sudah menunjukkannya (torehan prestasi),” kata Surono.

Lebih lanjut, Surono menyampaikan bahwa kerja sama di cabang olahraga populer seperti sepak bola juga terjalin erat, termasuk dalam kolaborasi antara ASEAN dan FIFA.

Program seperti pengembangan sepak bola wanita, kurikulum sepak bola di sekolah, perlindungan bagi anak dalam sepak bola, dan penerapan Video Assistance Referees (VAR) telah menjadi bagian dari kerja sama tersebut.

Selain itu, negara-negara ASEAN juga mengajukan penyelenggaraan bersama Piala Dunia FIFA tahun 2034 sebagai bentuk kerja sama dan upaya meningkatkan peran ASEAN di dunia olahraga.

Dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun 2023 ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat kawasan dan dunia.

Tujuan utamanya membuat ASEAN menjadi kawasan yang memiliki peran sentral sebagai motor perdamaian dan kesejahteraan di kawasan tersebut.

Artikel ini ditulis oleh:

Antara
Firgi Erliansyah