Warga Pandeglang Bersyukur dan Bahagia Dapat Bantuan Air Bersih dari Relawan Ganjar

Pandeglang, Aktual.com – Masyarakat di Pandeglang, Banten mengaku bersyukur telah mendapatkan bantuan air bersih dari sukarelawan Gardu Ganjar (GG).

Ada lima tangki air bersih yang diperuntukan bagi sekitar 750 Kepala Keluarga (KK) di lima desa di Pandeglang, yang terdampak kekeringan.

Ketua RT 15 RW 03 Desa Surianeun Kec. Patia, Saian mengatakan bantuan air bersih itu akan dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti masak, minum, mandi hingga beribadah.

“Atas bantuannya, terima kasih. Bantuanya digunakan untuk masak, ibadah, minum,” ucap Saian di lokasi, Minggu (10/9/2023).

Menurut dia, kekeringan terjadi karena tidak terjadi hujan sejak beberapa bulan terakhir. Kekeringan sendiri telah terjadi sekitar satu sampai dua bulan terakhir.

Saian mengatakan sumber air di daerahnya kering. Masyarakat telah menggali sumur, namun hasilnya air yang keluar rasanya asin dan tidak layak dikonsumsi.

Dampak air tersebut telah mengakibatkan sejumlah warga gatal-gatal ketika dipakai mandi, dan nasi menjadi warna kuning ketika dipakai menanak nasi.

“Air yang ada asin. Sudah (gali sumur) tapi asin. (Mungkin) dari laut. Kalau mandi juga gatel, kalau dipakai masak, nasi juga jadi kuning. Sudah terjadi,” ucap Saian.

Rasa syukur dan ucapan terima kasih juga disampaikan oleh seorang ibu rumah tangga, Neni (40). Dia mengaku sangat bahagia atas bantuan yang diberikan. Kini, ia bersama warga lainnya bisa menikmati air bersih untuk aktivitas sehari-hari.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuannya. Sangat bahagia sekali atas bantuanya,” ucap warga Desa Patia tersebut.

Neni berharap bantuan air bersih terus dilakukan. Sebab, kekeringan di daerahnya telah terjadi sejak dua bulan terakhir.

“Ada juga (air) sedikit keruh. Harapannya semoga ada lagi bantuannya,” tuturnya.

Masyarakat setempat turut mendoakan Ganjar agar menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029. Neni menyakini Ganjar agar menjadi presiden yang membawa rakyat Indonesia lebih maju dan sejahtera.

“Semoga cita-citanya Pak Ganjar menjadi presiden sukses, hasil,” ucap Neni.

Sementara Koordinator Gardu Ganjar Lintas Ormas Provinsi Banten, Oji Fachruroji menyatakan komitmennya untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat, khususnya warga yang terdampak kekeringan di Pandeglang.

Gardu Ganjar pada tahap pertama memberikan bantuan air bersih kepada warga desa yang berada di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Patia, Kecamatan Pagelaran, dan Kecamatan Sukaresmi.

Menurut Oji, aksi kemanusiaan ini merupakan implementasi dari nilai-nilai yang diajarkan Ganjar Pranowo yang berslogan ‘Tuanku ya Rakyat’, serta gambaran bila Ganjar hadir untuk semua lapisan masyarakat. Dalam hal ini, nilai-nilai itu diimplementasikan melalui relawan Gardu Ganjar.

Artikel ini ditulis oleh: