Sejumlah warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). Aktual/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com – Mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla, telah mengeluarkan seruan untuk Presiden Joko Widodo.

Kalla meminta agar Presiden melakukan diplomasi kemanusiaan ke berbagai negara dengan tujuan untuk memberikan bantuan kepada Palestina.

Menurutnya, pendekatan diplomasi politik tidak selalu efektif dalam situasi ini.

“Pertama, (diplomasi) harus berfokus pada persatuan dari seluruh dunia atas nama kemanusiaan. Pendekatan politik mungkin kurang efektif dalam situasi ini. Kita harus bersama-sama dalam semangat kemanusiaan,” ujar Kalla.

Menurut Kalla, Indonesia harus memengaruhi negara-negara Eropa dan Amerika untuk mendukung Palestina.

Ia menyadari bahwa dorongan untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina yang telah lama berlangsung sering kali tidak efektif melalui lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Israel cenderung tidak mendengarkan suara internasional, kecuali suara dari Amerika. Mereka terus beroperasi dengan dukungan Amerika dan beberapa negara Eropa serta negara-negara Barat lainnya,” ungkap Kalla.

Terakhir, Kalla menyarankan bahwa Indonesia sebaiknya fokus pada upaya membantu Palestina dari segi kemanusiaan tanpa terlibat dalam aspek militer.

“Pendekatan militer adalah hal yang lebih rumit, dan kita mungkin tidak memiliki kekuatan untuk terlibat dalam konflik berskala besar seperti ini,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Firgi Erliansyah