Jakarta, aktual.com – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, akan menerima kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada tanggal 13 November dalam minggu yang akan datang. Mereka akan mengadakan pertemuan bilateral di Gedung Putih AS.

“Dalam kunjungan tersebut, Presiden Biden akan menegaskan kembali komitmen AS untuk memperdalam kemitraan yang telah berusia hampir 75 tahun antara negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dilansir situs White House, Rabu (8/11).

Di samping itu, Jokowi dan Biden akan mengadakan pembicaraan mengenai kerja sama dalam bidang ekonomi, perdamaian, stabilitas di wilayah regional, dan masalah lainnya.

“Para pemimpin akan menjajaki peluang untuk meningkatkan kerja sama dalam transisi energi ramah lingkungan, memajukan kesejahteraan ekonomi, memperkuat perdamaian dan stabilitas regional, serta memperkuat hubungan antar masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, Jokowi dan Biden juga akan menggali isu mengenai peningkatan peran penting ASEAN serta mendorong keberadaan Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas.

“Kedua pemimpin juga akan berkoordinasi dalam upaya memperkuat sentralitas ASEAN dan menegakkan hukum internasional serta mendorong Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” sambungnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Rizky Zulkarnain