Jakarta, Aktual.com – Melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan tahap kedua kepada Palestina. Bantuan ini berupa peralatan medis senilai dua juta USD atau setara dengan Rp30 miliar untuk mendukung rumah sakit di Palestina.

“Kita kan sudah kirim kemarin bersama dengan Bapak Presiden (Joko Widodo). Nah, yang tahap keduanya kita mau kasih 2 juta USD untuk bantu,” ujar Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Gedung RSUD Kabupaten Tangerang, Banten Rabu (8/11).

Budi menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan Palestina. Selanjutnya, mereka telah memberikan daftar persyaratan yang diperlukan.

“Kemenkes kita diminta kontak dengan Palestina mau bentuk (bantuannya) apa saja, dan Menteri Kesehatan Palestina sudah berkirim list alat-alat yang dibutuhkan apa saja,” katanya.

Dari daftar yang telah diserahkan, Palestina ternyata memerlukan peralatan medis yang besar untuk keperluan radiologi dan perawatan pasien yang memerlukan teknologi canggih. Ini mencakup X-ray, ventilator, set peralatan untuk operasi, dan lain sebagainya.

“Ini alatnya gede-gede, dan sekarang kita sedang proses pembelian alat-alatnya. Contohnya itu ada X-ray, ventilator, set operasi, dan lainnya,” terangnya.

Pemerintah Indonesia telah menyetujui dan sedang dalam proses pembelian peralatan tersebut. Diharapkan bahwa dalam dua hingga tiga minggu mendatang, peralatan tersebut akan selesai dibeli dan akan segera dikirimkan ke Palestina.

“Kita harapkan dalam waktu 2 -3 minggu sudah ada, dan langsung kita kirim,” kata Menkes Budi.