Jakarta, Aktual.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/11).

Dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di TMP sekitar pukul 08.00 WIB dengan didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada para pahlawan yang telah meninggal, diikuti dengan mengenang pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya. Setelah itu, Jokowi memimpin acara mengheningkan cipta sebagai tanda penghargaan terhadap jasa para pahlawan.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Jokowi.

Upacara hari ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah, termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Azwar Anas, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Juga turut hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi menyampaikan penghormatan dengan meletakkan karangan bunga sebagai ungkapan penghargaan kepada para pahlawan. Jokowi dan Ma’ruf Amin juga melakukan penaburan bunga di beberapa makam Pahlawan.

Usai upacara, Jokowi akan memberikan penghargaan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang diakui telah memberikan kontribusi penting bagi bangsa dan negara selama masa hidup mereka. Acara pemberian gelar pahlawan ini akan diselenggarakan di Istana Negara Jakarta.

Berikut adalah 6 tokoh yang diberikan gelar pahlawan Nasional tahun 2023 :

1. Almarhum Ida Dewi Agung Jambe dari Bali

2. Almarhum Bataha Santiago dari Sulawesi Utara

3. Almarhum M Tabrani dari Jawa Timur

4. Almarhum Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah

5. Almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat

6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah dari Lampung

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Yunita Wisikaningsih
Editor: Rizky Zulkarnain