Bekasi, aktual.com – Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi Fraksi PAN Evi Mafriningsiati menyampaikan, bahwa pihaknya masih terus upaya mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, yang dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) untuk menggelar pelaksanaan PPDB online yang lebih baik dan realistis kedepan.

Terlebih, kritik dan keluhan dari masyarakat setiap tahun selalu terjadi di saat kegiatan itu berlangsung. Bahkan, dengan permasalahan yang hampir sama.

“Yang jelas, tahun depan PPDB online harus dipersiapkan sejauh mungkin paling tidak ya di awal semester genap. Dan ini juga selalu saya sampaikan ke dinas agar dipersiapkan diawal semester genap dari mulai perangkat, fasilitas dan teknologinya. Jadi, jangan buru-buru kayak kemarin (tahun ini),” kata Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bekasi.

Menurutnya, dia dan bersama jajaran Komisi IV DPRD Kota Bekasi setiap tahunnya selalu melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan PPDB online tersebut, khususnya berkaitan dengan titik koordinat yang selalu salah dari tahun ke tahun.

“Nah, mudah-mudahan terkait persoalan ini kedepannya bisa ada perbaikan. Oleh karena itu, tentunya butuh semua pihak stakeholder untuk mewujudkan PPDB yang lebih lebih realistis dan juga dengan akurasi yang tinggi. Ini yang terpenting,” ucap Evi.

Evi menyebut, berdasarkan hasil evaluasinya yang menjadi kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan PPDB online itu tidak hanya dari persoalan titik koordinat saja, tapi juga soal kelemahan dari sistemnya. Misalnya, ketika proses input nilai ke dalam sistem yang tidak matching (tidak akurat). Oleh sebab itu, dia berharap di tahun depan hal-hal ini sudah tak terjadi lagi.

“Pokoknya kita berharap mudah-mudahan ini sudah bisa diperbaiki dan rencana kami juga untuk di tahun depan bisa undang beberapa provider buat persiapan yang terbaik. Artinya, tak hanya dari telkom saja sehingga kita bisa melihat kualitasnya mana yang terbaik dari semuanya,” tandasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain